Kamis, 17 September 2009

Selling and sales management

Selling & Sales Management
1.Mengapa sales memiliki pengertian yang negatif ?
Karena dalam benak sebagian besar masyarakat kita sudah terpatri paradigma akan image sales yang notabene :
~Dianggap sebagai pekerjaan buangan yang mengharuskan untuk berkeliling dari satu pintu ke pintu lainnya (door to door) ,oleh karena itu tidak memiliki prospek karir yang jelas

~Sering diasosiasikan dengan stigma suka memaksakan pendapatnya,suka mengejar –gejar dan suka berbohong dalam rangka untuk mendapatkan komisi yang sebesar- besarnya,serta berpakaian lusuh
Semua point di atas seringkali diperparah dengan kenyataan di lapangan akan kualitas sales yang buruk.Di satu sisi perusahaan mencari sumber daya manusia yang murah dan dalam jumlah yang banyak.Gayung pun bersambut.Di sisi lain,banyaknya jumlah pengangguran yang walaupun kebanyakkan tidak mempunyai background yang sesuai dan kemampuan yang mumpuni, membuat arus terjangan sales tidak pernah surut.Klimaksnya adalah pengikisan kualitas sales yang pada akhirnya membuat dunia bisnis alergi terhadap sales.

2.Apa manfaat belajar sales bagi setiap orang ?
Setiap orang pada akhirnya dituntut untuk bisa menjadi sales bagi dirinya sendiri.Selain menjual barang dan jasa,sales sebenarnya juga dapat berfungsi untuk menjual ide dan/atau perkataan.Kemampuan menjual inilah yang akan membantu kita untuk menyakinkan orang lain untuk menerima ide kita.Yang pada tahap selanjutnya akan dikompensasi dengan aksi.

3.Apa persamaan sales dengan marketing ?Sebutkan 5 beserta penjelasannya ?
~Memenuhi kebutuhan konsumen.
Sales dan marketing sama-sama mempunyai tujuan untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen dan membuat konsumen merasa puas atas produk-produk yang telah diproduksi oleh perusahaan.
~Mempunyai target dan deadline.
Semua kegiatan yang dilaksanakan baik oleh sales ataupun marketing mempunyai target dan batas waktu yang sudah ditentukan. Target yang telah ditentukan harus dicapai sebelum waktu deadline yang telah ditetapkan.
~Sama –sama bermuara pada keinginan untuk merengguk profit sebesar – besarnya bagi perusahaan.
Sales dan marketing adalah bagian dari perusahaan yang berusaha dan menghasilkan profit untuk perusahaan.
~Mengkomunikasikan produk yang dimiliki perusahaan
Mengkomunikasikan produk kepada konsumen agar para konsumen dapat mengenal lebih jelas dengan produk yang perusahaan miliki.
~Berhubungan dengan customer
Sales mencari calon pelanggan dan merubahnya menjadi pelanggan yang nyata sedangkan marketing mencari dan menciptakan daftar pelanggan yang potensial.

4.Apakah ada perusahaan yang tidak membutuhkan sales? Why or why not ?
Definisi sales adalah kegiatan untuk menawarkan barang,jasa,atupun bentuk lainnya,yang dibayar dengan uang atau aksi.Oleh karena itu tentu saja setiap perusahaan membutuhkan sales.Baik sales secara harafiah maupun yang tidak.Karena seperti dipaparkan tadi pada point yang kedua,setiap orang pada akhirnya dituntut untuk menjadi sales.Bahkan perusahaan –perusahaan konsultan yang menjual ide ataupun konsep kepada klien –kliennya.

NAMA : Shinta
NIM : 2007110135
Class : MKT 11-1C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar