Kamis, 17 September 2009

STUDY ABROAD OPENS MORE OPPORTUNITIES

STUDY ABROAD OPENS MORE OPPORTUNITIES

Nowadays, we can see that many children from Indonesia study in foreign country. It’s because many parents in Indonesia want to give the best education for their children. So, they search for the best schools or collages and most of the best schools or collages are located in foreign country. Beside that, parents think that if their children study in foreign country and get academic degree and licensed from that college, it makes the children easier to get job in Indonesia and they may be able to get the higher salary than the children that graduate in Indonesia. In addition, the children will get new experiences of life in new cultures and it also can save money.

We can see many enterprises in Indonesia, if in their enterprises have two people wanting to apply for job vacancy, and one of them is licensed from famous foreign college, he/she will take the first priority compared with the second applicant that is licensed from Indonesian college, because many of enterprises in Indonesia accept their employees by seeing their education background. In foreign colleges have many useful subjects that aren’t available in Indonesia. So when they work in Indonesia, they will get paid higher.

Different countries have different cultures, so they bring different experiences and languages. We can use the different culture and experiences to solve different problems. It can’t be any doubt that they will be fluent in some foreign languages. And they have good quality of subject concentration. Consequently what they study must be more integrated and compact.

Duration of time spent in Indonesia sounds a bit longer than it is spent in foreign country. Indonesia education systems have three levels which is divided into primary school, junior high school, and senior high school, which take 12 years to complete. Meanwhile, in foreign country they only spend 10 years to complete the same levels. So, they can save 2 years. Averagely they graduate at the age of 16. Then they will continue to college. They only spend 2 years, but in Indonesia they have to spend 4 years until 7 years (for medical science).

So studying in foreign country is more beneficial, because the most important thing is we can save the time especially our age. Fantastically at the age of 25 they can get the degree of professor or Phd (doctor of philosophy), which is possibly got at the age of 30 or more in Indonesia. By saving the time, of course we can save money too.

Analisa terhadap patung SE MIEN FO di dalam kelenteng

Analisa terhadap patung SE MIEN FO di dalam kelenteng

Menurut saya, puja bakti/sembahyang di klenteng tetap dilaksanakan oleh umat Buddha tradisional (yang cung-cung cep) walaupun tanpa adanya patung Se Mien Fo. Biasanya mereka melakukan ritual sembahyang menjelang tahun baru imlek, setiap pertukaran tahun ( jika chiong maka umat yang chiong akan pergi bersembahyang), setiap che si ( ketika dewa turun ke bumi) mendekati tahun baru imlek, ketika che it cap go, dsb.
Kebanyakan dari umat Buddha tradisional adalah mereka yang tidak mempelajari Dhamma, sehingga banyak dari mereka yang hanya mengerti untuk bersembahyang di klenteng dengan tujuan untuk meminta-minta pada Dewa-dewa. Ritual bersembahyang di klenteng dilakukan terhadap semua dewa yang ada dengan menggunakan hio, lilin dan minyak.
Se Mien Fo ( dewa empat muka ) adalah dewa yang berasal dari agama Hindu ( yang bisa disebut Brahma). Kebanyakan dari umat Buddha di Thailand menyembah Se Mien Fo Karena terdapat banyak cerita bahwa Se Mien Fo dapat mengabulkan permintaan kita. Di Thailand terdapat banyak patung-patung Se Mien fo di depan rumah penduduk, sedangkan di Indonesia Se Mien Fo terdapat di klenteng-klenteng dan di beberapa vihara besar.
Adapun yang beranggapan bahwa dengan adanya Se Mien Fo umat Buddha makin gencar unuk bersembahyang karena bisa meminta-minta dan banyak dari doa mereka yang terkabul. Seperti kebudayaan Indonesia yang gemar meminta-minta dan menyogok, dengan adanya Se mien Fo di klenteng, maka akan lebih banyak umat yang membeli hio , lilin yang besar, dan persembahan lainnya agar doa mereka di kabulkan. Selain itu tradisi dari orang tua dulu yang beragama Buddha (khususnya masyarakat TiongHoa) bahwa sembahyang adalah hal yang wajib dan diwariskan turun menurun.

Interview NISSIN

Interview NISSIN

1 .Profile
Nama : Tjahja Kailani
Tanggal lahir : 29 Mei 1947
Status : Menikah
Anak : 1 anak perempuan dan 2 anak laki-laki
Lulusan bidang : Kimia

2. Pengalaman bekerja
• Pertama kali bekerja di kota Surabaya di perusahaan petromax di kota Surabaya pada bagian kimia selama 1 tahun.
• Kedua kali bekerja di Perusahaan biscuit Kong Guan selama 1 tahun.
• Setelah merasa tertarik dengan produk biskuit, akhirnya beliau memutuskan untuk belajar lebih dalam lagi tentang biskuit di Jepang selama 6 bulan.
3. Pt. Nissin
• Puncaknya ketika pada tahun 1977 Bapak Tjahja Kailani merencanakan untuk membangun pabrik biskuit sendiri dan baru terealisasi pada setahun kemudian, yaitu pada tahu 1978 dengan nama Pt. Nissin yang berasal dari kata Manis dan Asin. Modal pertama kali yang didapatkan dari tabungan hasil bekerja dan bantuan pinjaman dari mertua.
• Pabrik Nissin sendiri berlokasi di Jl. Raya semarang Salak 3 km 23. Kabupaten semarang.
• Karyawan yang dimiliki pabrik Nissin ketika pertama kali berdiri adalah skitar 100 orang yang terdiri dari banyak bagian.
4. Rintangan
Ada berbagai rintangan yang dihadapi oleh Nissin selama 30 tahun ini adalah banyaknya kompetitor yang mengeluarkan produk-produk biskuit dengan harga yang lebih murah dan menjamurnya kompetitor yang menjadi pesaing ketat PT. Nissin.

Introduction of Sociology

Introduction of Sociology

1. Apa yang dimaksud dengan proses-proses sosial?
Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dapat dilihat apabila para individu dan kelompok-kelompok saling bertemu dan menentukan sitem serta bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya cara-cara hidup yang telah ada. Atau dengan kata lain, proses sosial diartikan sebagai pengaruh timbal balik antara pelbagai segi kehidupan bersama.
2. Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial?
Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perseorang dengan kelompok manusia.
3. Sebutkan dan Jelaskan 2 syarat terjadinya interaksi sosial!
~Adanya kontak sosial, yang dapat berlangsung dalam tiga bentuk, yaitu antar individu, antarindividu dengan kelompok, antar kelompok.
~Adanya komunikasi,yaitu seseorang memberi arti pada perilaku orang lain, perasaan-perasaan apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.
4. Sebutkan dan jelaskan 3 bentuk kontak sosial!
~Antar orang perorangan
Apabila anak kecil mempelajari kebiasaan-kebiasaan dalam keluarganya. Proses demikian terjasi melalui sosialisasi, yaitu suatu proses dimana anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat diaman dia menjadi anggota.
~Antara orang-perorangan dengan suatu kelompok manusia atau sebaliknya.
Apabila seseorang mereasakan bahwa tindakan-tindakannya berlawanan norma-norma masyarakat atau apabila suatu partai politik memaksa anggota-anggotanya untuk menyesuaikan diri dengan ideology dan programnya.

~Antara suatu kelompok manusia dengan kelompok manusia lainnya.
Apabila dua partai politik mengadakan kerjasama untuk mengalahkan partai politik ketiga di dalam pemilihan umum.
5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi berlangsungnya proses interaksi?
~Factor imitasi
Imitasi dapat mendorong seseorang untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku.
~Factor sugesti
Berlangsung apabila seseorang memberi suatu pandangan atau sesuatu sikap yang berasal dari diri nya yang kemudian diterima oleh pihak lain.
~ Factor identifikasi
Kecenderungan-kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain. Indentifikasi lebih mendalam dari imitasi, karena kepribadian seseorang dapat terbentuk atas dasar proses ini.
~Factor simpati
Suatu proses dimana seseorang merasa tertarik pada pihak lain. Di dalam proses ini seseorang memegang peranan yang sanagt penting, walaupun dorongan utama pada simpati adalah keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk bekerja sama dengan nya.

6. Sebutkan golongan interaksi sosial menurut Gillin and Gillin?
~Proses sosial yang asosiatif. Terbagi dalam 3 bentk khusus yaitu :
-Akomodasi
-Akulturasi
-Assimilasi
~Proses yang dissosiatif yang mencakup:
-Persaingan (competition)
-Pertentangan (conflik)
7. Sebut dan jelaskan apa yang dimaksud dengan akomodasi!
Akomidasi adalah suatu keadaan dimana terdapat keseimbangan dalam interaksi antara individu dalam kaitan dengan norma.
Tujuan Akomodasi adalah :
~Mengurangi pertentangan antar individu yang berbeda paham.
~Untuk mencegah meledaknya suatu pertentangan.
~Untuk memungkinkan kerjasama antara kelompok yang terpisah. akibat factor sosial psikologis dan kebudayaan.
~Mengupayakan peleburan kelompok yang terpisah.
Bentuk-bentuk akomodasi yaitu:
~Coercion
~Compromise
~Arbitration
~Mediation
~Conciliation
~Toleration
~Stalemate
~Adjudication
8. Sebutkan factor-factor yang mempermudah terjadinya asimilasi!
~Toleransi.
~Kesempatan-kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi.
~Sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya.
~Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat.
~Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan.
~Perkawinan campuran
~Adanya musuh bersama dari luar.
9. Sebutkan factor-factor umum yang dapat menjadi penghalang terjadinya asimilasi!
~Kehidupan suatu golongan dalam masyarakat terisolasi
~Pengetahuan yang terbatas tentang kebudayaan yang dihadapi
~Perasaaan takut terhadap kebudayaan lain
~Perasaan bahwa kebudayaan kelompok tertentu lebih superior
~Perbedaan warna kulit, dan cirri-ciri fisik lainnya.
~Feeling in Group yang terlalu besar
~Bila golongan minoritas mendapat tekanan golongan mayoritas
~Perbedaan kepentingan
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bentuk-bentuk persaingan!
~Persainagn ekonomi
Timbul karena terbatasnya persediaan apabila dibandingkan dengan jumlah konsumen.
~Persaingan kebudayaan
Terjadi ketika para pedagang Barat berdagang di pelabuhan-pelabuhan Jepang atau sewaktu pendeta=pendeta agama Kristen meluaskan agama nya di Jepang.
~Persaingan kedudukan dan peranan
Terjadi karena timbulnya keingingan-keinginan yanguntuk diakui sebagai orang atau kelompok yang mempunyai kedudukan serta peranan yang terpandang.
~Persaingan ras
Terjadi karena perbedaan ras, baik karena perbedaan kulit, bentuk tubuh, maupun corak rambut, dan sebagainya, hanya merupakan suatu perlambang kesadaran dan sikap atas perbedaan-perbedaan dalam kebudayaan.
11. Sebutkan fungsi-fungsi dari persaingan!
~Untuk menyalurkan Keinginan-keinginan yang bersifat kompetitif
~Sebagai jalan dimana keinginan, kepentingan serta nilai-nilai yang pada suatu masa menjadi pusat perhatian tersalurkan sebaik-baiknya
~Sebagai alat untuk mengadakan seleksi atas dasar seks dan seleksi sosial
~Sebagai alat untuk menyaring warga golongan-golongan karya untuk mengadakan pembagian kerja
12. Sebutkan hasil-hasil yang di dapat dari persaingan!
~Perubahan kepribadian seseorang
Apabila persaingan dilakukan dengan jujur, persaingan akan dapa mengembangkan rasa sosial dalam diri seseorang.
~Kemajuan
Persaingan akan mendorong seseorang untuk bekerja keras supaya dapat memberikan sahamnya bagi pembangunan masyarakat.
~Solidaritas Kelompok
Selama persaingan dilakukan dengan jujur, solidaritas kelompo tidak akan goyah. Persaingan yang jujur akan menyebabkan para individu akan saling menyesuaikan diri dalam hubungan-hubungan sosialnya hingga tercapai keserasian.
~Disorganisasi
Perubahan yang terlalu cepat sering merupakan factor utama disorganisasi karena masyarakat hampir tidak mendapat kesempatan untuk menyesuaikan diri dan mengadakan reorganisasi.
13. Sebutkan 3 pokok pikiran yang mendasari interaksionisme simbolis menurut Herbert Blumer!
~Manusia bertindak (action) terhadap sesuatu atas dasar makna sesuatu terhadap dirinya.
~Makna muncul dari hasil / interaksi terhadap orang lain.
~Makna diperlakukan dan diubah melalui proses penafsiran.
14. Sebutkan apa yang dimaksud dengan Kontravensi!
Kontravensi merupakan suatu bentuk sosial yan berada pada persaingan dan pertentangan atau pertikian yang ditandai oleh gejala-gejala adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang atau suatu rencana dan perasaan tidak suka yag disembunyikan, kebencian atau keragu-raguan terhadap kepribadian seseorang.
15. Sebut dan jelaskan tipe-tipe kontravensi !
~Kontravensi generasi-generasi yang terdapat dalam masyarakat lazim terjadi, terutama dalam zaman ini, diamna perubahan-perubahan terjadi dengan cepat.
~Kontravensi seksual terutama menyangkut hubungan suami dengan istri dalam keluarga.
~Kontravensi parlementer berkaitan dengan hubungan antara golongan-golongan mayoritas dengan golngan minoitas dalam masyarakat, baik yang menyangkut hubungan mereka di dalam lembaga-lembaga legislative, keagamaan, pendidikan dan seterusnya.
16. Sebutkan bentuk-bentuk dari kontravensi!
~Perbuatan penolakan, perlawanan, dan lain-lain
~Menyangkal penyataan orang lain di muka umum
~Melakukan penghasutan
~Berhianat
~Mengejutkan lawan dan lain-lain
17. Apa yang dimaksud dengan pertentangan ?
Pertentangan adalah suatu proses sosial dimana individu atau kelompok berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan dengan ancaman atau kekerasan.
18. Sebutkan sebab musabab atau akar-akar dari pertentangan!
~Perbedaan individu-individu
~Perbedaan kebudayaan
~Perbedaan kepentingan
~Perubahan sosial
19. Sebutkan bentuk-bentuk dari pertentangan!
~Pertentangan pribadi
~Pertentangan rasial
~Pertentangan antara kelas-kelas sosial, umumnya disebabkan oleh karena adanya perbedaaan kepentingan
~Pertentangan politik
~Pertentangan yang bersifat internasional
20. Sebutkan akibat-akibat dari pertentangan!
~Tambahnya solidaritas in group
~Goyah atau retaknya persatuan kelompok
~Perubahan kepribadian
~Akomodasi, dominasi, dan takluknya satu pihak tertentu

ENVINRONMENTAL ISSUE IN ARAB SAUDI

ENVINRONMENTAL ISSUE IN ARAB SAUDI

1. Polusi
Polusi terbesar di Arab Saudi adalah polusi udara. Yang dimaksud dengan polusi udara itu sendiri adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.
Penyebab polusi udara yang terjadi di Arab Saudi adalah badai pasir , badai debu, gas buangan rumah kaca, dan berbagai macam gas yang timbul dari pembakaran mesin-mesin industri. Selain itu, system transpotasi, peindustrian, dan kurangnya perhatian masyarakat dan institusi juga menjadi salah satu factor yang menyebabkan polusio udara. Contoh , asap-asap yang dikeluarkan dari mesin-mesin industri selain menyebabkan polusi udara, asap tersebut juga sangat berbahaya baik bagi makhlk hidup maupun tumbuhan di sekitar. Untuk mengurangi polusi udara, maka pemerintah arab Saudi mengadakan program untuk mengurangi sulfur di dalam bensin sampai 95% , membuat peraturan tentang standar emisi yang baik , meningkatkan system transportasi dengan emisi yang baik dan sebagainya.
Berikut adalah salah satu ganbar yang menunjukan dust strom di irak.


II. Global warming
Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Salah satu factor yang menyebabkan pemanasan global adalah meningkatan emisi gs rumah kaca. Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari , Sebenarya gas rumah kaca Efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya, planet ini akan menjadi sangat dingin. Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.
Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana gas dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

Untuk mengurangi pemanasan global di Arab saudi maka perusahaan di arab saudi melakukan joint venture dengan perusahaan kanada yang memberikan kemahiran di bidang teknologi dan cara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Diharapkan setelah melakukan joint venture, masyarakat menjadi lebih pedulu terhadap pemansan global yang telah melanda dunia.
Kebanyakan dari para remaja di Saudi Arabia menyatakan kesulitan untuk turut mengurangi pemansan global yang terjadi di dunia dikarenakan minimnya fasilitas-fasilitas di tempat umum yang di sediakan oleh pemerintah. Sebagian juga berpendapat bahwa global warming yang melanda dunia adalah merupakan bencana alam yang tidak bisa terhindarkan oleh manusia. Minimnya pendidikan, penyuluhan dan fasilitas yang disediakan untuk global warming menyebabkan remaja Saudi Arabia tidak dapat ikut berkontribusi untuk menyelamatkan dunia ini dari pemanasan global yang sudah melanda dunia.

Peranan model wanita di dalam majalah pria dewasa

NAMA : Shinta
KELAS : MKT 11-1C
NIM : 2007110135

Peranan model wanita di dalam majalah pria dewasa
I. LATAR BELAKANG
Seiring berjalannya waktu, dunia media khususnya majalah semakin berkembang dan lebih menjadi lebih spesifik. Majalah dewasa ini sudah mempunyai target pembaca yang jelas, baik dari segi umur, hobi dan jenis kelamin. Ada majalah yang dikhususkan untuk anak-anak, remaja, dewasa, kesehatan, kesenian, dan sebagainya. Tetapi tidak semua majalah dapat diterima oleh seluruh masyarakat, contonya majalah PLAYBOY. Ketika majalah ini pertama kali terbit di Indonesia pada bulan April 2006, banyak masyarakat yang menentang dan tidak sedikit pula yang menerima kehadiran majalah tersebut yang notebenenya menampilkan gambar-gambar senonoh dan vulgar, yang sangat melecehkan harkat para wanita. Walaupun banyak yang menentang , dan banyak kalangan yang menganggap majalah ini tidak mendidik dan adalah majalah haram, majalah PLAYBOY tetap eksis dan beredar sampai sekarang. Hal ini menunjukan bahwa bahwa masih banyak demand akan majalah tersebut.
II. MASALAH UTAMA
Wanita dalam majalah pria dewasa bukanlah menjadi model yang sesungguhnya, tetapi hanya dijadikan objek untuk memenuhi hasrat para lelaki. Di dalam majalah pria dewasa, sering kali para model wanita hanya menggunakan pakaian yang mini yang sangat menunjukan aurat-aurat yang seharusnya ditutupi. Yang diperlihatkan hanya kemolekan tubuhnya saja dengan pose-pose yang sensual, sedangkan kemampuan para model tersebut tidak pernah ditunjukan. Seharusnya yang ditunjukan di dalam majalah tersebut menunjukan keduanya, baik skill maupun kecantikan yang para model miliki. Kecantikan yang dimiliki tidak harus menggunakan pakaian yang serba mini ataupun tidak mengenakan pakaian sama sekali. Ketidaksenonohan yang ditampilkan oleh para model tersebut sangat melecehkan para kaum wanita.

III. PEMBAHASAN
Dalam artikel di atas dapat dilihat bahwa isi artikel dan gambar model sangatlah tidak relevan. Dalam isi artikel menjelaskan tentang pekerjaan wanita tersebut yang merupakan seorang mahasiswa yang berprofesi sebagai presenter acara olahraga dan pernah menjadi pramugari, tetapi foto yang ditampilkan adalah foto seorang wanita dengan pakaian yg minim dan pose yang amat sangat sensual.
Menurut saya, seharusnya foto yang ditampilkan dalam artikel relevan dengan isi dari majalah tersebut. Misalnya, karena Sara ini adalah seorang presenter sekarang seharusnya foto yang ditampilkan adalah foto ketika ia sedang tampil di acara yang di presenterinya, atau ketika ia bertugas menjadi pramugari di dalam pesawat atau pada saat berada di bandara.
IV. KESIMPULAN
Para model wanita seharusnya lebih selektif dalam memilih job, jangan hanya melihat penghasilan yang akan didapatkan, tetapi juga melihat dampak yang akan terjadi baik untuk diri sang model sendiri, keluarga, orang-orang sekitar, dan para pembaca majalah yang akan melihat foto vulgar itu. Keluarga juga pasti tidak akan setuju dengan pose-pose dan pakain-pakaian yang tidak pantas seperti itu untuk diperlihatkan di depan umum. Selain memikiran konsep nya, tujuannya juga harus dipikirkan apakah relevan, lalu pakaian yang akan digunakan, lokasinya, tema foto, dsb. Selain itu, pemerintah juga harus turun tangan, jangan hanya membuat Undang-undang yang sudah pasti tidak dipatuhi. Pemerintah seharusnya lebih ketat dalam menyeleksi majalah-majalah yang akan diedarkan, jangan hanya menertibkan pihak para pelaku tidak langsung (model) yang hanya merupakan suruhan, tetapi harusnya lebih focus untuk menertibkan pembuat majalah tersebut. Selain itu tetap diperlukannya pelajaran tentang moral atau etika dalam pendidikan Indonesia untuk mendidik masyarakat agar menjadi lebih pandai, sehingga bisa membedakan apa yang dimaksud dengan seni dan apa yang dimaksud dengan pemenuhan hasrat belaka. Yang diperlukan sekarang ini bukanlah majalah pria dewasa, tetapi majalah yang bisa menjadikan pembacanya berpikir dewasa.
Sumber: Majalah Playboy bulan juni 2007

MARKETING PLANNING & CONTROL

MARKETING PLANNING & CONTROL ASSIGNMENT



Prepared by:
Andrie Irawan (2007.11.0210)
Christina (2007.11.0178)
Maya Lisa (2007.11.0342)
Nastasya Victoria (2007.11.0184)
Popy Bonanza (2007.11.0239)
Sherly Fen (2007.11.0104)
Shinta (2007.11.0135)
Wincent Octavianus (2007.11.0132)

CLASS MKT 11-1C


Submission Date:
Tuesday, December 9th, 2008
1. CHOSEN PRODUCT:
Quaker Oatmeal

PRODUCT LIFE CYCLE (PLC) of Quaker Oatmeal (in general)



• New Product Development
In 1877, Quaker Oats registered the first trademark for a breakfast cereal. The trademark was registered with the U.S patent office as a “figure of a man in ‘Quaker garb’.” Both former owners, Henry Seymour and William Huston, claimed to have selected the name as a symbol of good quality and honest value.

• Introduction
In 1882, Henry Parsons Cowell launches the first national magazine advertising program for a breakfast cereal. Quaker Oats was first sold in bulk, but later in 1885, it was packaged in square boxes. In 1890, the American Cereal Company runs a special all-Quaker Oats train from Cedar Rapids to Portland, and introduces the first ever “trial-size samples”. ½ oz sample boxes of Quaker Oats are delivered to every mailbox in Portland. Then in the year of 1891, it introduced the idea of packaged premiums by inserting chinaware items into boxes of oats. The familiar round Quaker Oats package is introduced in 1915.

• Growth
As the advertising of the Quaker Oats kept ongoing, there were also loads of things went on related to the growth of Quaker Oats. It introduced the familiar smiling head portrait of the Quaker man as the new trademark for Quaker Oats, which was then updated to a full-color portrait by a different artist. Then it introduced bunch of new stuffs, such as the cookie recipe, the instant oatmeal, the Quaker Oat squares, Quaker Oat Bran, etc. In 1901 American Cereal became the Quaker Oats Company, with sales of $16 million. Twenty years of growth followed, including a wartime peak of $123 million in sales in 1918. In the years that followed World War II, Quaker's sales grew to $277 million generated by 200 different products (including Quaker Oatmeal), a broad product line requiring heavy promotion.

• Maturity
This product is considered mature due to its well-known brand and the quality that has been proven by the loyal customers who have consumed this product over the years. Quaker Oatmeal is still the chosen product in terms of breakfast cereal, even until now.

2. SWOT ANALYSIS
The SWOT of Quaker Oatmeal is as the following:
• S (STRENGTHS)
- Hygienist
The cleanliness of the product is guaranteed because it is well packaged.
- Practical
It is easy to prepare for daily meal (especially for breakfast).
- Good for health
Quaker Oatmeal not only tastes delicious, it's good for your heart. Research conducted over the past 40 years shows that eating 3g of soluble fiber daily from oatmeal, in a diet low in saturated fat and cholesterol, may reduce the risk of heart disease. Quaker Oatmeal can help lower your total cholesterol, and LDL ("bad") cholesterol, and that can help keep your arteries clean and healthy. It is also good for managing diabetes.
- Revolve around for tens of years
This product has been in the market over the decade, so the quality has been proven well.
- Suitable for certain people with high mobility of life
It is said that it is practical, so it is definitely ease people who live a high mobility life to consume this product whenever they need.

- Suitable for people who go on diet
By consuming this food, you can manage your weight to a proportional weight, but of course it should be followed by a routine exercise.

• W (WEAKNESSES)
- Expensive
The price is relatively more expensive than the other similar product.
- Come in a plain taste – in Indonesia
This is the main reason why children do not (really) enjoy eating Quaker Oat. As we know, children are more attracted with sweet stuff, or something with different kind of taste.
- Has no variant flavor
In Indonesia, Quaker Oat has no variant of flavor.


• O (OPPORTUNITIES)
- Better distribution
It can be distributed in few areas that haven’t been reached before.
- More Variant
It can be made in more variant of flavor to attract costumer to try it.
- Keep on the good quality
It has to maintain its good quality so people won’t be willing turn to other product.


- More promotion
Promotional campaign should be increased to keep creating awareness on people’s mind of this product.

• T (THREATS)
- There are many products similar to Quaker oatmeal with a lower price
- New product of this kind of a different brand

3. STRATEGY FOR THE NEXT ONE YEAR:
Generating interest and sales.

4. TACTICS:
• Product
- Expand the variant in flavor
There are two kind of taste to be offered, which are SWEET that comes in “Banana & Walnut” and “Chocolate” flavor and SALTY that comes in “Vegetable” and “Chicken Mushroom” flavor.
- Make the product in form of sachet
We make the product in form of sachet that weighs 60g to make it easier to bring anywhere.
• Promotion
Creating a promotional program, which is if we buy two of 800g packaging, we can get 1 free bowl and a recipe book that contains a food recipe using Quaker Oatmeal.
• Price
We choose the market penetration way in launching our new product because we think that if we use this way, we can enter the market easily. For example: when we take a look at the price of the product in the supermarket, people would think that they can purchase for new variant of flavor with the exact same price as the old type. If the demand to this product is increasing well, we can increase the price slowly.

Education in Indonesia

Name : Shinta
Class : MKT 11-1C
NIM : 2007100135

EDUCATION in INDONESIA

Basically the Indonesian education system falls into 3 main parts which are, primary (elementary), secondary and tertiary. In Indonesia, there have been many cases that the teachers are hopeless to educate the student, so they use hard punishment to educate the naughty student. Beside that the difference between public and private schools are so distant, not only in the fee but also in the effectiveness.
To finish the primary educational level in Indonesia, students have to spend six years, then they continue to secondary level for six years. The secondary level is divided into 2 which are Junior and senior high school. After finishing those 2 steps, the student can make choices to carry on to university with their favorite majors or to stop their education and find job. It will be much better, if Indonesia can follow the International education system which only needs 4 years to finish the secondary level, and only takes 2 years in the tertiary or university level. Beside that the major that can be chose in Indonesia is not too specific as in international university. To be more effective the subject that learnt must also be deduct, so the student will only learn the important subject.
There are many bad cases that involve teacher and student relationship, especially in interior areas in Indonesia. The teacher gives hard punishment to the naughty student, but sometime the punishment is too hard or rude. Therefore, the government and the private school must be selective when choosing teacher to teach in their school. The teacher must have the best ability to teach and have good moral. So there will be no more violence in school and parents do not feel disadvantage on the money that they have spend to finance their children`s education.
In Indonesia the schools itself were divided into 2 types, public and private school. Public school is the school which subsidized by the government and the fee usually cheaper than private school. There are no facilities that sufficient in public school, because of the fee in public school is cheap or in several of public schools is free. In contraction to the public school, the private schools are very expensive and have many facilities to support their student to be more creative and more excited to learn.
To improve Indonesia education system, the government should give real rules to the school to choose the teacher, the subject that must be learn by the student in each level. There also must be a standard to every school about their facilities, the curriculum, and score. The public School should improve their quality, so many parents will not hesitate to give their children to study in public school. If the education system in the Indonesia can be improve, that will decrease the student that study aboard and there also will be a big possibilities that many student from other countries study in Indonesia.

Selling and sales management

Selling & Sales Management
1.Mengapa sales memiliki pengertian yang negatif ?
Karena dalam benak sebagian besar masyarakat kita sudah terpatri paradigma akan image sales yang notabene :
~Dianggap sebagai pekerjaan buangan yang mengharuskan untuk berkeliling dari satu pintu ke pintu lainnya (door to door) ,oleh karena itu tidak memiliki prospek karir yang jelas

~Sering diasosiasikan dengan stigma suka memaksakan pendapatnya,suka mengejar –gejar dan suka berbohong dalam rangka untuk mendapatkan komisi yang sebesar- besarnya,serta berpakaian lusuh
Semua point di atas seringkali diperparah dengan kenyataan di lapangan akan kualitas sales yang buruk.Di satu sisi perusahaan mencari sumber daya manusia yang murah dan dalam jumlah yang banyak.Gayung pun bersambut.Di sisi lain,banyaknya jumlah pengangguran yang walaupun kebanyakkan tidak mempunyai background yang sesuai dan kemampuan yang mumpuni, membuat arus terjangan sales tidak pernah surut.Klimaksnya adalah pengikisan kualitas sales yang pada akhirnya membuat dunia bisnis alergi terhadap sales.

2.Apa manfaat belajar sales bagi setiap orang ?
Setiap orang pada akhirnya dituntut untuk bisa menjadi sales bagi dirinya sendiri.Selain menjual barang dan jasa,sales sebenarnya juga dapat berfungsi untuk menjual ide dan/atau perkataan.Kemampuan menjual inilah yang akan membantu kita untuk menyakinkan orang lain untuk menerima ide kita.Yang pada tahap selanjutnya akan dikompensasi dengan aksi.

3.Apa persamaan sales dengan marketing ?Sebutkan 5 beserta penjelasannya ?
~Memenuhi kebutuhan konsumen.
Sales dan marketing sama-sama mempunyai tujuan untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen dan membuat konsumen merasa puas atas produk-produk yang telah diproduksi oleh perusahaan.
~Mempunyai target dan deadline.
Semua kegiatan yang dilaksanakan baik oleh sales ataupun marketing mempunyai target dan batas waktu yang sudah ditentukan. Target yang telah ditentukan harus dicapai sebelum waktu deadline yang telah ditetapkan.
~Sama –sama bermuara pada keinginan untuk merengguk profit sebesar – besarnya bagi perusahaan.
Sales dan marketing adalah bagian dari perusahaan yang berusaha dan menghasilkan profit untuk perusahaan.
~Mengkomunikasikan produk yang dimiliki perusahaan
Mengkomunikasikan produk kepada konsumen agar para konsumen dapat mengenal lebih jelas dengan produk yang perusahaan miliki.
~Berhubungan dengan customer
Sales mencari calon pelanggan dan merubahnya menjadi pelanggan yang nyata sedangkan marketing mencari dan menciptakan daftar pelanggan yang potensial.

4.Apakah ada perusahaan yang tidak membutuhkan sales? Why or why not ?
Definisi sales adalah kegiatan untuk menawarkan barang,jasa,atupun bentuk lainnya,yang dibayar dengan uang atau aksi.Oleh karena itu tentu saja setiap perusahaan membutuhkan sales.Baik sales secara harafiah maupun yang tidak.Karena seperti dipaparkan tadi pada point yang kedua,setiap orang pada akhirnya dituntut untuk menjadi sales.Bahkan perusahaan –perusahaan konsultan yang menjual ide ataupun konsep kepada klien –kliennya.

NAMA : Shinta
NIM : 2007110135
Class : MKT 11-1C

Strategi Bisnis Unit

1. SBU adalah strategik bisnis unit
memilki 3 karakteristik :
- suatu usaha yang bisa berdiri sendiri dari usaha lainnya
- mempunyai kompetitornya sendiri
- memiliki satu orang manager yang memiliki tanggung jawab untuk memperoleh profit

2. 4 stages of corporate development
Stage 1: Simple Structure
Ini adalah struktur yang mempunyai control tunggal dari kegiatan organisasi sampai kegiatan kewirausahaan, membuat semua pengambilan keputusan penting, dan memiliki keterkaitan pada setiap detail dan tahapan pelaksanaan dalam organisasi.
Stage 2: Functional Structure
Suatu tahapan transisi dengan cara menggantikan si wirausahawan tersebut dengan individu-individu yang memiliki kemampuan functional untuk memimpin sebuah tim. Pada tahapan ini dibutuhkan pergantian gaya kepemimpinan untuk para chief officer dalam perusahaan.
Stage 3: Divisional Structure
Organisasi bertumbuh dengan cara mengembangkan produk2 mereka menjadi lebih beragam dan menambah jlmh divisi untuk mendapatkan area geografik yg lebih luas. Mereka merubah struktur mereka menjadi divisional struktur atau konglomerat struktur dengan sebuah markas pusat dan pengoperasian divisi yang tersebar.
Stage 4: Beyond SBUs

3. job to implement strategy adalah pekerjaan untuk mengatur aktifitas didalam perusahaan dan karyawan didalam perusahaan, untuk menjalankan strategi strategy tersebut terkait dengan struktur perusahaan dan cara-cara menyelesaikan tugas.
Ada 3 teknik dalam menjalankan strategi tersebut, antara lain:
• job enlargement (menggabungkan dan menambahkan jenis tugas)
• job rotation (mengatur tugas2 karyawan dari satu ke departemen lain)
• job enrichment (menambahkan rencana dan mengevaluasi tanggung jawab dalam tugas)

4. HIRING AND REQUIREMNT CHANGE

Setelah kita membuah strategi. Yang harus dilakukan adalah mengimplementasikan strategi tersebut. dalam pengimplementasian strategi yang dibutuhkan adalah me'reorganising sumber daya manusia (staff) yang dapat disesuaikan dengan strategi baru yang kita buat. Dengan Strategi baru untuk diimplementasikan yang hrus dilakukan adalahh menghire karyawan baru atao meretain/retool karyawan yang sudah ada. Salah satu cara yang baik dalam mengimplementasikan strategi baru adalah melalui training dan development. Banyak perusahaan yang melakukan hal ini untuk menghasilkan output yang positif dalam produktifitas level. Training sanagat [enting dilakukan sebagai strategi untuk terlihat berbeda dalam kualitas pelayanan customer.

NAMA : Shinta
NIM : 2007110135
Class : MKT 11-1C

Selasa, 15 September 2009

Perbedaan Buddhisme dan Sains dari aspek tuhujan akhir

Perbedaan Buddhisme dan Sains dari Aspek Tujuan Akhir

· Sains

- Sains hanya berupa instrumen belaka yang sifatnya netral

- Sains itu ibarat pisau, dapat digunakan untuk memasak atauoun membunuh

- Sains tidak menghasilkan kearifan

- Sains bisa membantu dunia, namun manusialah yang menentukannya

- Sains harus dilengkapi dengan spiritualitas yang merupakan suatu kebutuhan

- Tujuan akhir Sains

Memahami realitas sejati dari alam fenomena, meminimkan penderitaan manusia dan membuat manusia berbahagia dengan memberikan kenyamanan batin dan kemudahan materi.

· Buddhisme

- Dalam Buddhisme pengetahuan diraih untuk tujuan therapeutik

- Buddhisme pada dasarnya adalah sains mengenai pencerahan

- Buddhisme bukan sekedar instrumental belaka, selain itu sifatnya adalah baik

- Buddhisme menghasilkan kearifan.

- Tujuan akhir Buddhisme

Membebaskan diri kita dari penderitaan yang disebabkan oleh kemelekatan dan ketergantungan yang tak semestinya terhadap realitas dunia luar dan perbudakan terhadap ego kita, dimana ego atau “sang aku” tersebut kita anggap berdiam dalam diri kita sendiri.

Walaupun telah dijelaskan secara mendasar perbedaan antara Buddhisme dan Sains, bukan berarti tidak ada persamaan antara kedua bidang tersebut. Justru diantara keduanya dapat dijumpai banyak persamaan yang mengagumkan, karena ajaran Buddha berasal dari pemahaman terhadap segala corak fenomena, baik yang bisa dideteksi oleh organ indera kita maupun yang di luar kemampuan persepsi melalui organ indra.